Hai..hai...SELAMAT DATANG di dapur saya...silahkan masuk...!! :)

Dari duluuu saya seneng mengumpulkan resep2 baik dari tabliod dan majalah, hingga saya buat menjadi beberapa odner kliping yang terdiri dari ratusan resep baik masakan dan perkuehan...agar saya bisa sharing, saya buatkan blog ini, Blog ini berisi referensi resep2 yang bisa anda coba dirumah...Insya Allah resep2nya sudah teruji dan sudah dipraktekan...

yuk! kita ke dapur...
salam, nenis.

Sabtu, 24 Oktober 2009

Membuat roti unyil yuuuk !!!


Resep roti taiwan ini didapat dari acara demo cooking show NCC di pembukaan TBK Nitan - Cibubur Jakarta tahun 2007 yang lalu....
Yang kasih demo, mbak Fat dan team dari NCC
nah trus saya coba buat adonan roti unyil......jangan lupa manggang nya sebentar aja yah...hanya 7 menitan...kalo kelamaan ntar rotinya "bernyanyi" alias gooo sooong hehehe.....
ROTI UNYIL
Resep dari ROTI TAIWAN

Bahan A :
480gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
120gr terigu protein sedang (segitiga biru)
110gr gula pasir
20gr susu bubuk australia
11gr ragi instan (Fermipan 1 bungkus)

Bahan B :
1 butir telur
300ml air es

Bahan C :
60gr butter
10gr garam

Cara membuat :
Campur bahan A sampai rata, masukan bahan B, uleni sampai menjadi adonan padat,
lalu masukan bahan C, uleni terus hingga kalis, diamkan 46 s/d 60 menit.
Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi @ 7 gr, bulatkan, diamkan 5 menit, lalu bentuk dengan aneka model. Diamkan lagi selama 20 menitan, poles atasnya dengan campuran kuning telur dan susu. Lalu oven dengan suhu 180 C selama kurleb 20 menit
Untuk roti unyil jadi sekitar kurleb 90pcs....!!! waaah banyaaah yaah asal telaten aja membentuknya....hehehehe

Untuk roti taiwan besar :
adonan ditimbang seberat @50gr, lalu didiamkan kurleb 1 jam dan dipanggang kurleb 20 menitan saja.
Nah resep ini juga bisa dibuat roti boy....itu lho roti yang di atasnya pakai topping rasa kopi yang enak....
yuk membuat topping nya !!
TOPPING ROTI BOY
50 gr gula halus
50gr gula palm
100gr mentega
80gr telur utuh ditimbang tanpa cangkangnya
130gr terigu protein rendah (kunci biru)
5 gr kopi instan + diseduh dengan sedikit air panas
5 gr essence kopi
Cara membuat :
campur semua bahan, aduk2 rata, lalu masukan kedalam piping bag
gunting ujung piping bag, lalu seprotkan diatas roti yang sudah dibentuk
siap dipanggang deeh
rotinya enak banget....seratnya lembut dan ketaguhan deeeh
yuuk buruan bikin roti sendiri.....!!
ok met mencoba


2 komentar:

Amy mengatakan...

Mbak.. thanks resepnya. BTW di cara membuat tertulis oven selama 20 menit? Gak salah tuh Mbak? Yang di atasnya kan tertulis cuman 7 menit.

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Info Seputar tips & trik dalam memulai usaha roti/bakery , Klik aja di FIKRI TEKNIK Salam kenal & good luck.......